22 Desember 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya
Pekanbaru (22/12/23), BPS Provinsi Riau menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Penganugerahan Piagam Penghargaan Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Sektoral Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Utama BPS RI, Ir. Atqo Mardiyanto, M.Si. Ikut hadir bersama Sestama BPS RI yaitu Inspektur Wilayah Satu Hanif Yahya, S.Si, M.Si, dan Statisisi Ahli Utama BPS RI Ihsanurijal, S.Si, M.Si. Kedatangan tamu terhormat ke Bumi Lancang Kuning disambut oleh Kepala BPS Provinsi Riau, Asep Riyadi, S.Si, M.M.
Dalam sambutannya Asep Riyadi memaparkan terkait SPP yang dimiliki oleh BPS Provinsi Riau, salah satunya adalah wajah baru Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang memiliki berbagai layanan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik seperti Buku Tamu berbasis Website yang terintegrasi dengan email dan Whatsapp pengunjung (aplikasi AsaMPedas), upgrading petugas layanan secara berkala, aplikasi senyum kepuasan, kegiatan proaktif pembinaan statistik sektoral kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Dalam kegiatan ini turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau, M. Job Kurniawan, AP. M.Si yang mengucapkan terima kasih kepada BPS Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota yang telah berupaya maksimal memberikan support data untuk perencanaan daerah serta pembinaan statistik sektoral yang telah terlaksana dengan baik. Job juga mengajak agar setiap SKPD di daerah secara teratur men-supply data dan informasi teknis ke pangkalan data daerah, serta diharapkan memilki kesamaan paradigma pada seluruh aparatur pemerintah daerah tentang pentingnya data dan informasi dalam proses perencanaan. Selanjutnya, Job memberikan atensi kepada Desa Cinta Statistik (CANTIK) dan mendorong seluruh Kabupaten/Kota agar mengoptimalkan Desa Cantik demi mewujudkan Satu Data Indonesia untuk kemajuan bersama.
Atqo Mardiyanto dalam arahannya mengatakan bahwa pelayanan publik adalah salah satu dari reformasi birokrasi, dan salah satu pelayanan publik milik BPS adalah hadirnya PST. Pada awalnya PST hanyalah perpustakaan, namun seiring dengan perkembangan kebutuhan publik, maka PST menambah berbagai kemudahan pelayanan data sesuai yang dibutuhkan masyarakat. Atqo juga menargetkan kepada Kepala BPS Riau agar mampu membawa PST BPS Provinsi Riau mendapatkan ISO 9001:2015 yakni standar manajemen mutu pada sebuah organisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja. Standar tersebut membantu organisasi memastikan stakeholder mereka secara konsisten menerima produk dan layanan yang berkualitas, sehingga dapat membawa manfaat termasuk diantaranya kepuasan stakeholder eksternal (pelanggan) maupun internal (manajemen dan karyawan). Selain itu, Atqo juga berharap bahwa BPS tidak hanya memberikan data tetapi juga memberikan insight terhadap pengambilan kebijakan yang ada.
Berita Terkait
Kepala BPS Riau Hadiri FGD Pelayanan Publik Yang Ditaja Oleh BPS Kota Pekanbaru
Kunjungan Deputi MIS BPS RI Ke Provinsi Riau
Perayaan HUT RI ke-79 di BPS Provinsi Riau
Penilaian Visitasi Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Riau ke BPS Provinsi Riau
Kepala BPS Provinsi Riau Hadiri Pertemuan Dengan Deputi Kemenkopolhukam RI
PJ Gubernur Riau Membuka dan Memimpin FGD Inflasi Riau di Kantor BPS Provinsi Riau
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Provinsi Riau (Statistics of Riau Province)Jl. Pattimura No. 12 Pekanbaru - Riau
Indonesia
Telp (62-761) 23042
Faks (62-761) 21336
Mailbox : riau@bps.go.id
Tentang Kami